Jumat, 15 Juni 2012

Iodometri

Metode titrasi iodometri tak langsung (iodometri) adalah berkenaan dengan titrasi dari ion yang dibebaskan dalam reaksi kimia. Lrutan standar yang digunakan dalam kebanyakan proses iodometri adalah natrium thiosulfat garam ini biasanya berbentuk penhidrat Na2S2O3. 5H2O. larutan tidak boleh di standarisasi dengan penimbangan secara langsung, tetapi harus di standarisasi dengan standar primer. Larutan natrium thiosulfat tidak stabil untuk waktu yang lama.
Tembaga murni dapat digunakan sebagai standar primer untuk natrium thiosulfat dan di anjuirkan apabila thiosulfat harus digunakan untuk penentuan tembaga. Iodin juga memberikan warna ungu atau violet yang intensuntuk zat-zat pelarut seperti karbon tetra klorida dan kloroform. Namun demikian larutan dari kanji lebih umum dipergunakan, karena warna biru gelap dari kompleks iodine kanji bertindak sebagai suatu tes yang amat sensitive untuk iodine. Dalam beberapa proses tak langsung banyak agen pengoksid yang kuat dapat dianalisis dengan menambahkan kalium iodida berlebih dan menitrasi iodin
Metode titrasi iodometri langsung mengacu kepadatitrasi dengan suatu larutan iod standar. Metode titrasi iodometri tak langsung adalah berkenaan dengan titrasi dari iod yang dibebaskan dalam reaksi kimia.potensial reduksi normal dari sistem reversible:
 I2(solid) 2e   2I-
persamaan diatas mengacu kepada suatu larutan air yang jenuh dengan adanya iod padat, reaksi sel setengah ini terjadi, misalnya, menjelang akhir titrasi iodida dengan suatu zat pengoksid seperti kalium permanganat, ketika konsentrasi ion iodida menjadi relatif rendah. dekat permulaan atau dalam kebanyakan titrasi iodometri, bila ion iodida terdapat dengan berlebih, terbentuklah ion tri iodida:
 I3- + I-     I3-
karena iod mudah larut dalam larutan iodida, reaksi sel setengah itu lebih baik ditulis sebagai: 
I3- + 2e        3I-
potensial reduksi standarnya adalah 0,5355 volt. Maka, iod atau ion tri iodida merupakan zat pengoksid yang jauh lebih lemah ketimbang kal;ium permanganat, kalium dikromat, dan serium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar